Kamis, 04 September 2014

Telkomsel Tampung 5 Juta Pelanggan Flexi Lewat As CDMA

Java Pulsa Bisnis Server Agen Pulsa Elektrik Online TermurahJavaPulsa.Net - Lima juta pelanggan pulsa murah Flexi yang akan diungsikan Telkom diyakini tak akan terlantar. Pasalnya, Telkomsel telah siap menampungnya dalam sebuah proyek dengan codename 'As CDMA'.

"Kami sedang persiapkan sejumlah rencana untuk pelanggan bisnis pulsa Flexi. Kita sudah bentuk tim dengan kode proyek As CDMA atau As Flexi untuk menyambut perpindahan pelanggan Flexi," kata General Manager Prepaid Marketing Communication Telkomsel Abdullah Fahmi di kantor pusat Telkomsel, Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Dalam proyek pengungsian ini, Telkomsel juga mengaku akan berusaha untuk mendapatkan blok nomor yang mirip dengan pelanggan Flexi agar tetap nyaman dalam menggunakan kartu As.

"Kalau nomor awal tentu sudah mengikuti seluler. Kartu As kan identik dengan 0852. Kita usahakan lima angka di belakang sama dengan nomor Flexi dari pelanggan," kata General Manager Prepaid Core Product Marketing Telkomsel Adhi Putranto, menambahkan.br/>
Ia menjelaskan, Telkomsel tengah menyiapkan paket khusus. Sehingga pelanggan Flexi yang menggunakan nomor prabayar kartu As bisa menikmati panggilan murah ke sesama flexi yang telah berpindah ke kartu As. Berikutnya ada panggilan murah ke sesama kartu As, dan produk lainnya di Telkomsel. "Nanti paket khusus untuk pelanggan Flexi itu tetap ada, tidak kita matikan," jelasnya.

Kartu As saat ini memberikan kontribusi 65 juta pelanggan dari total 138 juta pelanggan Telkomsel. Dari sisi Average Revenue Per User (ARPU), pelanggan Flexi rata-rata menghabiskan pulsa Rp 17 ribu dan Kartu As sekitar Rp 25 ribu-Rp 30 ribu.

Seperti diketahui, Telkom telah lama berencana menghentikan layanan Flexi karena satu dan lain hal. Dari sisi bisnis, layanan fixed wireless access dengan teknologi CDMA ini tak lagi tumbuh. Penggunanya pun terus merosot tajam, menyusut 15% dari tahun ke tahun.

Dalam laporan keuangan Telkom semester pertama 2014, pelanggan Flexi yang tersisa bahkan hanya 4,109 juta nomor. Merosot tajam dibandingkan posisi sama tahun lalu yang masih sekitar 15,5 juta nomor dengan ARPU sekitar Rp 17 ribu.

Melihat kondisi bisnis yang kurang menguntungkan, Telkom pun akhirnya memutuskan untuk mengakhiri layanan telepon nirkabel terbatas ini dan menggantikannya dengan ekspansi bisnis lain yang punya prospek cerah, yakni layanan Wifi ID.

Dengan ditinggalkannya layanan Flexi, maka Telkom rencananya akan melego sekitar 4 ribu BTS yang dimiliki. Sedangkan spektrum frekuensinya selebar 5 MHz di frekuensi 850 MHz, nantinya akan dialihkan ke Telkomsel untuk tambahan pita 3G menggunakan teknologi Extended GSM (E-GSM).

E-GSM sendiri dalam istilah teknis adalah memanfaatkan teknologi GSM di rentang band 900 MHz. Biasanya menambah lebar frekuensi 10 MHz ini memanfaatkan rentang 880-890 MHz dan 925-935 MHz. Dengan lebar pita 5 MHz di 850 MHz, ditambah dengan frekuensi milik Telkomsel di 900 MHz, maka E-GSM bisa berjalan di lebar pita sekitar 5 Mhz hingga 7,5 MHz.



Sumber : http://inet.detik.com/read/2014/09/02/200258/2679493/328/telkomsel-tampung-5-juta-pelanggan-flexi-lewat-as-cdma

Telkomsel Tampung 5 Juta Pelanggan Flexi Lewat As CDMA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Imam Ghozali